Minggu, 08 Januari 2017

Rangkaian Turbo Giga Bass dengan IC LM324


Rangkaian Turbo Bass menggunakan IC LM324 ini cukup membuat audio anda semakin meningkat khususnya pada rangkaian audio nada rendah / bass anda. Dengan menambahkan rangkaian ini pada jalur pre-amp yang akan masuk ke rangkaian power amplifier subwoofer, maka tenaga bass akan bertambah dan suara bass akan terasa jedug jedug dan semakin keras serta mengeluarkan nada bass yang ulem, cukup menggetarkan ruangan audio anda. Selain rangkaian turbo bass atau giga bass juga harus ditopang oleh power amplifier yang mumpuni. semisal Rangkaian Power Amplifier yang bertenaga besar dengan power yang kuat. Daripada jelasin muluk muluk mari kita lihat rangkaian Turbo Giga Bass menggunakan IC LM324 berikut ini :

Rangkaian Bass JEdug
Pada Skema rangkaian Turbo Giga Bass diatas, memerlukan satu buah IC sebagai penyaring dan penguat nada rendah ( bass ) dan dengan dibantu oleh beberapa komponen R dan C, tegangan catu daya yang dibutuhkan untuk rangkaian bass ini membutuhkan tegangan simetris 12Volt untuk mengoperasikan IC LM324. Untuk pengaturan nada pada rangkaian bass ini terdapat satu buah variabel potensio 50K sampai dengan 100K, gunakan potensio dengan kualitas bagus supaya suara tidak berisik ketika diputar.

Cara kerja rangkaian diatas yaitu menyaring nada rendah dari sinyal audio input dan menguatkan sinyal nada rendah yang akan ditransfer ke output misalnya ke power amplifier atau melewati rangkaian pre-amp lagi.

Selain skema rangkaian diatas saya juga menyediakan desain PCB untuk rangkaian turbo bass / giga bass diatas, berikut desain PCB nya :

Bass jedug turbo bass, giga bass, bass tambah keras

loading...

sumber:
www.wahyueko.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar