Selasa, 14 Maret 2017

Cara Membuat Rangkaian Power Amplifier pada Mobil

Pernahkan anda berfikir untuk membuat atau merangkai power audio pada mobil? Jika iya mungkin rangkaian amplifier ini sangat cocok untuk anda buat dan dipakai pada mobil. Rangkaian amplifier sangat simple dan tidak cukup sulit untuk mebuatnya, hanya membutuhkan beberapa komponen saja. Rangkaian power mobil ini berbasis pada IC TDA7384, dimana IC TDA7384 ini beroperasi pada tegangan catu daya atau baterai sekitar 12 Volt DC sampai 16 Volt DC. Untuk keluaran ke speaker per channelnya memiliki keluaran daya sekitar 22 Watt.

IC TDA7384 Sebagai penguat daya audio

Pada datasheet dari TDA7384 disebutkan IC ini memiliki distorsi yang rendah, noise yang cukup rendah, dan hanya membutuhkan sedikit komponen penunjang.Rangkaian power amplifier ini juga dilengkapi dengan fungsi Stand-by dan Mute.

Pada IC juga terdapat sistim protek, pengaman jika keluaran speaker konslet dengan Ground atau konslet dengan tegangan +. Rangkaian power amplifier tidak akan bekerja jika terjadi konsleting pada keluaran speaker. Tidak hanya terjadi konsleting saja sistem protek akan bekerja jika Arus berlebihan, tegangan melebihi maksimal , dan suhu IC melebihi batas panas ( atau bisa disbut Thermal Protection).

Skema Rangkaian dan Layout PCB Audio Power pada Mobil

Schematics TDA7384

Skema Rangkaian Power Amplifier TDA7384

PCB TDA7384 amplifier
PCB Layout TDA7384 amplifier


TDA7384 - 4 x 22W car power amplifier
Kit power amplifier mobil yang sudah jadi.

On box amplifier
Power Amplifier yang sudah jadi dan dikemas dalam kotak.


TDA7384 Already to use
Power Amplifier siap digunakan pada audio mobil


Cukup simple bukan untuk membuat rangkaian power amplifier pada audio mobil ini. Untuk pendingin IC bisa anda gunakan alumunium bersirip , akan lebih baik jika ditambah kipas pendingin.

loading...

sumber:
www.wahyueko.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar