Jumat, 19 Agustus 2016

Cara Agar Speaker Bersuara Jernih

Sekarang saya akan berbagi cara membuat suara menjadi jernih/bening. Tweeter benar-benar akan menghasilkan suara jernih bila didukung dengan komponen pengeras suara yang jernih juga selain itu aksesoris pendukung tweeter seperti elko/kapasitor juga harus yang sesuai.
Sebagai aksesoris tweeter sebaiknya memakai elko/kapasitor dengan nilai yang kecil misalnya 0,1uf 50v, atau yang lebih kecil lagi. Namun disini saya tidak membahas tentang aksesoris tersebut namun saya akan berbagi pengalaman mengenai rangkaian  komponen yang dapat membuat suara menjadi jernih. Memang semuanya harus saling mendukung namun bila hanya salah satu yang bekerja maka hasilnya tidak akan sempurna malah akan membuat suara menjadi pecah.

Untuk mengantisipasi agar suara yang dikeluarkan tidak pecah namun danghasilkan suara yang jernih maka kita harus tahu komponen apa saja yang harus diganti dan rangkaian apa yang perlu kita permak/ganti. Baiklah kita mulai saja satu persatu ya?

Kita akan memulainya dengan tone controlnya 
Untuk tone control ini kita rubah saja untuk bagian treeblenya jika akan lebih baik bila kita selalu uji coba mencari yang terbaik dan yang sempurna. Sebelumnya saya mohon maaf karena dananya kurang jadi hasil sementara yang saya dapat mungkin kurang puas bagi anda namun ini menurutku sudah cukup bagus, apabila anda masih belum puas maka anda cari yang menurut anda paling sempurna.
Apabila hasilnya kurang memuaskan anda maka rangkaiannya diberi tambahan lagi seperti equalizer namun ada yang harus anda ganti juga namun dengan komponen yang sama dengan tone controlnya.
Komponen yang akan kita pakai adalah komponen kapasitor kertas, komponen ini sangat baik untuk menghaslkan suara yang jernih jadi dalam penyaringan suaranya sangat baik sekali sehingga hasilnya tidak pecah.


Untuk lebih jelasnya kapasitornya bisa dilihat dibawah



Jika melihat gambarnya kita pasti akan  tertuju pada radio bodol jaman tempo dulu yang kebanyakan memakai komponen ini, namun anda jangan kuatir karena di toko elektronik masih tersedia kalau misalnya ditempat anda nggak ada maka jangan malu-malu sama kakek untuk merelakan radio kesayangannya untuk menjadi korbannya. Namun akan lebih bijak bila anda cari di tukang rongsokan pasti ada masbro!!!
Ukuran yang dipakai yang nilainya kecil atau jangan bosan untuk selalu melakukan uji coba..
Sampai disini dulu semoga ada manfaatnya.

loading...

sumber:
gampangbelajarelektro.blogspot.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar