Rabu, 20 April 2016

Lampu Taman Otomatis dengan Solar Cell


Berikut ini adalah skema rangkaian lampu taman otomatis dengan menggunakan LDR sebagai sensor pendeteksi cahaya. Penggunaan LDR dianggap lebih murah dan mudah untuk didapatkan. Sekedar informasi bahwa LDR adalah komponen elektronika sejenis resistor yang peka terhadap cahaya. Nilai resistansi dari komponen LDR dapat dipengaruhi oleh intensitas cahaya.

rangkaian lampu taman otomatis dengan ldr


Nah, itulah tadi skema rangkaian lampu taman otomatis dengan mengunakan LDR. Dalam rangkaian tersebut digunakan sumber tegangan AC 220 volt. Jika anda ingin menggunakan solar cell atau panel surya, silahkan modif rangkaian tersebut seperti gambar skema rangkaian yang ada di bawah ini.

rangkaian solar cell


Dapat dilihat dari rangkaian tersebut bahwa semakin banyak lampu atau LED yang digunakan, maka konsumsi tegangannya juga semakin banyak. Jadi anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan. Komponen yang dibutuhkan untuk membuat rangkaian tersebut sangatlah sederhana dan mudah untuk didapatkan.

Demikian sedikit informasi mengenai rangkaian lampu taman otomatis solar cell. Semoga informasi yang kami bagikan kali ini dapat bermanfaat bagi semua, khususnya bagi para pembaca

loading...

sumber:
belajarelektronika.net

1 komentar:

  1. sudah pernahkan rangkaian tsb di inplementasikan? dan apa kendala yg didapat

    BalasHapus