Rabu, 20 April 2016

Membuat Box Speaker Sound System Lapangan

cara membuat box speaker lapangan
Pengeras suara atau speaker adalah transduser yang memiliki fungsi untuk mengubah sinyal elektrik menjadi frekuensi audio atau suara dengan cara menggetarkan komponen membran untuk menggetarkan udara, sehingga timbul gelombang suara yang dapat kita dengar.

Jika dilihat dari penempatannya, ada dua jenis speaker yakni speaker ruangan dan speaker lapangan. Skeaker ruangan adalah jenis speaker yang lebih cocok digunakan di dalam ruang seperti gedung, kamera, dan lain sebagainya. Sebaliknya, speaker lapangan adalah jenis speaker yang lebih cocok digunakan di ruang terbuka seperti lapangan.

Cara Membuat Box Speaker Lapangan
Perbedaan dari dua jenis speaker tersebut selain dari jenis suara dan volumenya, juga terletak pada bentuk atau boxnya. Box untuk speaker ruangan dan speaker lapangan tentunya harus disesuaikan dengan kondisi tempat sehingga menghasilkan kualitas suara yang lebih baik dan enak didengar.

Sebelum mulai membuat box speaker sound system lapangan, sebelumnya anda harus menentukan ukuran speaker yang hendak anda buat. Untuk speaker lapangan biasanya memiliki ukuran 15 inci atau 18 inci. Berikut adalah gambar contoh rangkaian box speaker lapangan yang bisa anda tiru.

1. Box Double Speaker 15 inci

box speaker 15 inci

2. Box Speaker Subwoofer 18 inci

box speaker 18 inci

3. Box Speaker Model Keong

box speaker keong

Dalam membuat box speaker sound system lapangan, pemilihan material yang berkualitas juga tak kalah penting. Contoh material yang cocok untuk box speaker lapangan adalah multiplex 18 mm. Gunakan lem kayu dan yang dicampur serbuk kayu di setiap sudutnya untuk meminimalisir getaran.

Selain pemilihan bahan, perlu diperhatikan juga susunan kombinasi speaker yang baik untuk lapangan. Misalnya 12 inch x 2 untuk mid 18 inch x 2 untuk low (sistem direct) dan 1 x twiter (driver). Pemilihan susunan sound system tersebut juga harus disesuaikan dengan kondisi medan seperti luas lapangan dan lain sebagainya.

Berikut skema box speaker 15 inci lapangan lengkap:

skema box speaker lapangan

Hasilnya:

box speaker lapangan

Demikian informasi singkat mengenai cara membuat box speaker sound system lapangan sederhana baik 15 inci maupun 18 inci. Semoga informasi yang kami bagikan kali ini dapat bermanfaat bagi kita semua,

loading...

sumber:
belajarelektronika.net

Tidak ada komentar:

Posting Komentar