Rabu, 04 November 2015

Rangkaian Pengusir Tikus


Beberapa ilmuan meneliti bahwa tikus menggunakan frekuensi penderannya sekitar 20 s.d 40 KHz. Jika pada frekuensi ini kita injectkan suatu bunyi-bunyian yang aneh maka tikus insyaalah dapat pergi meninggalkan kita. Mereka tidak akan lagi membuat gaduh, bersarang atau mengganggu kehidupan dan kenyamanan kita lagi di rumah.

Rangkaian pengusir tikus ini adalah sebuah rangkaian oscilator astabil multivibrator yang akan mengeluarkan bunyi gelombang ultrasonik dengan range frekuensi 20 � 40 KHz. Pada frekuensi ini kita tidak akan mendengar (tidak terlalu bising), namun bagi sang tikus suara yang dihasilkan oleh rangkaian ini akan sangat mengganggu sekali. Sehingga ucapkanlah "Good Bye Tikus....!!!", karena tikus adalah salah satu binatang yang sangat mengganggu dan menjengkelkan, kadangkala mereka sering merusak barang-barang berharga kita, termasuk koleksi buku kita, baju-pakaian, majalah,ataupun peralatan elektronika lainya.


Penasaran untuk membuatnya ??? Silahkan beli komponen dan buatlah rangkaian pengusir hama tikus seperti dibawah ini :
rangkaian pengusir tikus
Daftar Komponen :

TR : SC 1162
IC : 555
R1 : 1K8
R2 : 1K
R3 : 5K6
R4 : 480R
C1 : 2,2nF
C2 : 0,022uF/6Volt
Speaker 4 ohm
Ujilah rangkaian ini  terlebih dahulu disekitar tempat-tempat dirumah anda yang sering disukai oleh tikus, misalnya di dapur. Jika rangkaian sudah di anggap beres barulah buatkan box untuk alat ini agar aman tidak di sabotase oleh tikus atau agar kabel tidak dimakan tikus Anda bisa menggunakan baterai maupun sumber DC lainya agar rangkaian ini dapat bekerja normal dengan diberi catu tegangan sebesar 5 Volt.

Tikus memang binatang pengganggu yang susah untuk diatur, mereka sering mengganggu, mulai dari bunyi berisik di atas plafon  rumah, bau yang tidak sedap, sampai kadang yang membuat kita jengkel adalah sisa makanan yang selalu dia tinggalkan. Tapi ternyata juga disegi kesehatan banyak penelitian / dokter mengatakan bahwa binatang pengerat ini juga berbahaya. Kok berbahaya bang?? Iya berbahaya sob, karena kotoran tikus ini banyak menimbulkan sumber penyakit terutama pada pernafasan. Sehingga rangkaian ini kita buat agar kita selalu terlindung dari segala penyakit dan dengan biaya yang sangat terjangkau.Terimakasih semoga artikel ini bermanfaat..... !!!







loading...

sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar